Rabu, 21 Desember 2011

5 KUNCI UNTUK MERAIH MUJIZAT


Tuhan Yesus adalah seorang pembuat mujizat. Kemanapun Dia pergi selalu ada mujizat yang dibuat-Nya! Boleh dikatakan : Dimana ada Yesus, disitu ada Mujizat!
Mujizat pertama yang dibuatnya adalah mengubah air menjadi anggur di Kana - Yoh 2:1-11. Apa yang sebenarnya terjadi pada waktu itu ? Ada 2 penjelasan tentang hal ini :
(a)                C.S Lewis (teolog besar abad 20) mengatakan yang terjadi pada waktu itu adalah Yesus mempercepat proses fermentasi (peragian) dari air menjadi anggur.
Jadi Yesus tidak menciptakan sesuatu yang baru, hanya mempercepat waktu fermentasi. Disini letak mujizatnya : Waktu bisa dipercepat oleh Yesus.

(b)               Pendapat ke dua mengatakan : Bahwa Yesus benar-benar menciptakan sesuatu yang baru. Air diubah menjadi anggur! Jadi terjadi proses penciptaan seperti pada waktu Allah mencipta dunia pertama kali.
Rasanya pendapat yang kedua lebih bisa kita terima!

Sekarang kita akan melihat peristiwa mujizat di Kana itu.

BEBERAPA CATATAN PENTING DI SEKITAR PERISTIWA KANA
1.Cerita  Mujizat di Kana ini hanya dicatat oleh injil Yohanes dan tidak ada di Injil lain.

2.Ternyata Yesus bersedia datang di pesta perkawinan. Itu artinya Ia tidak hidup eksklusif, tapi bersedia bergaul dengan orang lain secara wajar. Orang Kristen juga harus demikian!

3.Kehabisan anggur adalah masalah besar pada saat itu. Kenapa demikian ?
(a) Karena itu menyangkut gengsi pengantin laki-laki (karena pesta biasanya dibiayai oleh pihak laki-laki).
(b) Dari pihak perempuan (yang menyelenggarakan pesta) hal ini bisa menjadi aib dan jadi bahan gunjingan tetangga.
(c) Suasana sukacita dan kemeriahan bisa hancur, karena bagi masyarakat Israel anggur adalah lambang sukacita. Bukan pesta, kalau tidak ada anggur!

5 KUNCI MERAIH MUJIZAT
1. Invitation ( Undangan) – ayat 1&2
Kalau kita ingin mengalami mujizat, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengundang Yesus! Yesus diundang ke Perkawinan di Kana. Oleh sebab itu Ia bisa membuat mujizat di sana.
Seandainya Dia tidak diundang, maka mujizat tidak akan terjadi di sana! Band. Wahyu 3:20.
Kita harus mengundang Yesus dalam semua segi kehidupan kita agar mujizat bisa terjadi! Contoh :
(a) Bikin perusahaan – undang Yesus untuk ikut memimpin
(b) Membangun rumah tangga – undang Yesus untuk menjadi orang ke 3 dalam keluarga anda!
(c) Ketika bekerja – undang Yesus bersama anda, maka anda akan diangkat naik dan bukan turun!
(d) Ketika berdosa – undang Dia untuk membersihkan dosa Anda!

2. Intercession – (doa syafaat) – ayat3&4
Langkah ke dua untuk mengalami mujizat Tuhan adalah  menghampiri Tuhan dalam doa.
Pada kasus di Kana, Maria menjadi juru syafaat yang memberitahu (baca:berdoa) kepada Yesus bahwa ada masalah di situ.
Langkah Maria ini tepat. Ia tidak panik dan tidak menyalahkan siapapun atas insiden itu, tapi langsung lari kepada Yesus!
Saat beban dan kesulitan melanda hidup kita, langkah yang paling tepat adalah mengadu/berdoa kepada Yesus – band.Fil.4:6-7
Hanya Ia yang bisa menolong. Sementara sahabat dan kerabat sulit untuk diandalkan.
Contoh kasus : 
Tahun 1924, Dallas Theological Seminary menghadapi krisis finansial yang besar. Para kreditor mengumumkan bahwa mereka bermaksud akan melakukan penyitaan terhadap Dallas Theological Seminary.
Pada pagi harinya para pemimpin seminari mengadakan DOA PUASA BERSAMA, merendahkan diri memohon kemurahan Tuhan untuk menyediakan dana yang dibutuhkan untuk melunasi kredit kepada para kreditor. Salah seorang yang hadir adalah Harry Ironside, yang berdoa sesuai gaya dan karakternya,
"Tuhan, ternak di ribuan bukit adalah milikMu.
Tolong jual berberapa di antaranya dan kirimkanlah uangnya kepada kami."
Selagi mereka berdoa, seorang Texas bertubuh jangkung berjalan masuk ke kantor dan berkata kepada sekretaris, "Saya baru saja menjual dua truk penuh ternak. Saya terdorong untuk memberikan hasil penjualan kepada seminari ini. Saya tidak tahu apakah kalian membutuhkannya, tapi inilah ceknya."
Mengetahui bahwa seminari membutuhkan uang saat itu, maka cek tersebut diterima. Sekretaris itu dengan takut-takut mengetuk pintu kantor di mana kebaktian doa puasa bersama sedang berlangsung. Tatkala Dr. Chafer melihat nilai uang yang tercantum dalam cek itu, ia terkejut. Besarnya nilai dalam cek itu, tepat dengan jumlah hutang mereka kepada kreditor. Nama yang tertera pada cek tersebut adalah seorang peternak yang terkenal yaitu F. Worth.
Dr. Chafer dengan bersukacita mengumumkan, "HARRY, TUHAN MENJUAL TERNAK-NYA!"

3. Instruction – (Perintah)
Kunci selanjutnya terjadinya mujizat adalah ketika para pelayan mentaati instruksi (perintah) Tuhan Yesus. Sebenarnya mereka bisa saja protes, buat apa memenuhi tempayan dengan air?
Tapi hal itu tidak terjadi! Sebab kalau para pelayan tidak memenuhi perintah Yesus maka mujizat besar batal terjadi!
Charles Hadden Spurgeon (Pengkotbah kebangunan Rohani terkenal) mengatakan ada 3 hal penting dalam perintah (Instruksi) Yesus itu :
(a) Kalau Yesus akan menganugerahkan ”berkat” kepada seseorang, maka Ia akan memberikan perintah terlebih dahulu.
Dalam kasus di Kana Ia memerintahkan para pelayan agar memenuhi tempayan dengan air.
Ketika menyembuhkan orang lumpuh Ia memberi perintah :” "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” (Mat.9:6)

(b) Perintah Yesus bukan untuk dipertanyakan, tapi untuk ditaati.
Tanpa ketaatan, tidak akan terjadi mujizat! Para pelayan taat, maka mujizat terjadi!

(c ) Ketika kita mendapat perintah (instruksi) dari Yesus, kita harus melaksanakannya dengan giat, agar mujizat terjadi.
Mujizat terjadi kalau kita juga giat dan sungguh-sungguh melaksanakan perintah Tuhan, bukan ongkang-ongkang kaki saja.
Misalnya kita buka usaha. Kalau mau terjadi mujizat di usaha kita, kita harus menerapkan prinsip alkitab (tidak menipu) dalam berdagang dan giat berdagang, baru mujizat terjadi!

Kalau anda sedang mengalami masalah besar, taati FT, apapun yang dikatakan FT itu, niscaya anda akan melihat mujizat besar berlaku dalam hidup anda! Contoh :
§  Yosua dan Israel disuruh mengelilingi tembok Yerikho selama 7 hari – Ini perintah aneh, nggak masuk akal. Tapi karena ditaati hasilnya tembok Yerikho runtuh!

4. Instruments – (alat) – ayat 6
Dalam banyak peristiwa mujizat di alkitab, Tuhan memakai alat sebagai sarana untuk melakukan mujizat.
Contohnya :
(a) Tuhan memakai tongkat Musa untuk membelah laut Merah
(b) Tuhan memakai 5 roti dan 2 ikan untuk memberi makan 5.000 orang
(c) Tuhan memakai Segenggam tepung unutk memelihara janda di Sarfat.
(d) Zaman sekarang ,Tuhan memakai minyak urapan dan anggur perjamuan untuk menyembuhkan banyak orang. dsb

Dalam peristiwa di Kana, Tuhan memakai air untuk menjadikannya anggur!
Ini artinya Tuhan bisa memakai apapun yang kita miliki untuk melakukan mujizat!
Apa yang anda punyai ? Serahkan pada Tuhan, maka Ia akan membuat mujizat lewat hal itu. Misalnya :
§  Uang, Talenta, Ketrampilan, Kesetiaan dsb.

5. Inspiration – (Inspirasi) – ayat 7-8
Mujizat pertama kali yang dilakukan Tuhan Yesus ini, telah menginspirasi para murid, sehingga mereka memiliki iman yang lebih dalam kepada Yesus!
Iman mereka tumbuh saat menyaksikan mujizat itu terjadi!
Lalu dikemudian hari merekapun melakuan mujizat-mujizat dalam pelayanan mereka!
Bagaimana sikap anda saat menyaksikan atau mengalami mujizat yang dibuat oleh Tuhan Yesus?
Seharusnya iman anda semakin dalam dan anda berani bertindak juga sebagai seorang pembuat mijizat.
Firman Tuhan menegaskan tidak ada yang mustahil bagi orang percaya – Mrk.9:23

Kesimpulannya : Tuhan Yesus adalah seorang pembuat mujizat! Ia mau melakukan mujizat demi kepentingan anak-anaknya! Dan setiap orang yang percaya serta mentaati perintah-Nya akan mengalami banyak mujizat juga dalam hidupnya!

4 komentar:

  1. Jika kita hanya ingin mendengar dan tidak untuk melakukannya, maka khotbah ini akan terdengar jelas; menarik dan gampang diterapkan.

    Tetapi,..........

    Jika ada orang yang benar-benar ingin Menerapkan Khotbah ini untuk MENGALAMI mujizat Tuhan, maka dia baru akan tahu bahwa khotbah ini TIDAK JELAS; atau sekurang-kurangnya BELUM JELAS untuk diterapkan.

    Mengapa??.........

    1. Untuk mengalami mujizat Tuhan, kita harus menerapkan Firman/perintah Tuhan Yesus.
    Ini benar! Tetapi perhatikan bahwa, masalah kita bukan di situ. Kita bukan tidak tahu bahwa kita harus mematuhi peritah Yesus untuk mengalami mujizat-Nya. Yang menjadi masalah kita adalah: FIRMAN TUHAN YANG MANA??? yang harus diterapkan untuk mengalami mujizat???

    Jika Anda berkata: YANG TERTULIS DALAM ALKITAB. Maka itu mulai meleceng dan tidak sesuai konteks. Sebab, Firman Tuhan yang mereka taati, yaitu orang2 yang mengalami mujizat, adalah Firman Tuhan yang khusus. Mujizat di Kana misalnya; Pada saat itu Yesus mengucapkan perintah secara khusus untuk mereka. Dan saya pastikan bahwa, SEMUA ORANG di Alkitab yang mengalami mujizat, menerima perintah khusus dan menaatinya. Mereka menaati perintah khusus, BUKAN perintah umum seperti yang tertulis di Alkitab. Nah, di sini masalahnya. APA PERINTAH KHUSUS TUHAN BAGI KITA MASING-MASING???? Hamba Tuhan harus menjelaskan ini kepada kami, bukan asal ngomong panjang lebar, tapi ngga mejawab masalah kami.

    2. Mengundang Yesus.

    Terus terang saja, ini bahasa Klise yang membingungkan. "Mengundang Yesus" maksudnya apa??? Konteks pada saat pernikahan di kana, Yesus diundang secara Harfiah. Artinya benar2 Yesus diundang. Ia datang dengan kaki-Nya, Mata-Nya; mulut-Nya, telinga-Nya semua dirinya benar-benar hadir. Nah, sekarang di zaman kita ini, mengundang Yesus bagaimana? Yesus tidak kelihatan; bagaimana mengundang Dia?

    Mungkin Anda berkata: Maksudnya adalah, mengundang Dia melalui Doa. Okey....Pertanyaan saya adalah: Dari mana kita tahu bahwa Yesus menghadiri undangan kita melalui Doa? Teriakan-teriakan dalam khotbah seperti: Hadirkan Yesus dalam pekerjaan Anda; hadirkan Yesus di rumah tangga Anda; Hadirkan Yesus dalam bisnis Anda; sebagai orang Awam, saya beritahu para pengkhotbah: ITU SIA-SIA. Anda bodoh dan kami ikut bodoh dengan Anda jika kami mempercayai omongan Anda yang tidak jelas itu. JANGAN PAKAI KATA-KATA Klise, karena kami bingung dan tidak mengerti bagaimana menerapkannya. Pikirkan masalah-masalah kami seperti ini. Jika anda sebagai pemberita Firman, malas bejalan sehingga tidak tahu harus menjelaskan hal-hal seperti itu kepada kami, saya bilang: ANDA BERHENTI bicara saja. Kami pusing mendengar "kebodohan" Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PERCAYALAH SAJA PADA TUHAN.....TUHAN MELEBIHI LOGIKA SIAPA SAJA...PERCAYALAH MAKA SEMUANYA AKAN TERJADI

      Hapus
  2. ORANG BODOH YANG BISA KHOTBAH
    KHOTBAH NYA ORANG BODOH
    ORANG BODOH YANG JADI BERKAT
    KHOTBAH YANG MEMBERKATI
    SAYA SIH..EMANG ORANG BODOH.
    JADI SAYA CARI YANG SEDERHANA SAJA DAN TIDAK BIKIN SAYA PUSING DAN MEMBUAT SAYA TAMBAH BODOH.
    YANG PENTING SAYA MENGERTI JELAS

    BalasHapus
  3. Shallom, maaf mengganggu tp sya mau katakan sesuatu kepdamu:
    1. Penulis disini berkata semisal mengundang Yesus bkn mksdny Yesus dtg secara jasmani yg bs kita liat namun kita mengundang Dia secara rohani.. Tuhan pun pernah berkata berbahagialah barang siapa percaya namun tak melihat.. nah ini namany iman. Ketika kita mengundang Yesus berarti kita mengundang Dia utk hadir.. Tuhan selalu ad d sisi kita, bahkan Dia lbh dekat dari daging yg menempel pd tulang kita.. apa makna dr penjlsan sya, artiny adlh Kita perlu mengundang Tuhan dlm segala hal baik dlm Doa, dlm iman dan dlm tingkah laku kita... apakah Tuhan senang dgn perbuatan buruk kita tentu tdk. Maka dr itu jgn d lakukan. Karena trjdlah apa yg menurut kehendak-Nya.

    2. Kata kamu itu perintah khusus.. memang bnr tp zaman skr kita pun bs mndptkanny, bgmn carany? Carany adlh apa masalahmu, ketika masalah mu melanda dirimu satu yg kamu hrs lakukan BERDOA. Melalui Doa kita mendpt hikmat lebih dlm menangani maslah kita. Baca Firman Tuhan.. knp? Krn dgn membaca Firman Tuhan kita dpt mengerti pola pikirny Tuhan.. dan jgn lupa sertakan Roh Kudus krn Dialah penolong kita dibumi yg d utus-Nya utk kita.. bgmn cara merasakan Roh Kudus, anda hrs terima Tuhan Yesus sbg juruslamat stlh itu minta penyertaan Roh Kudus dlm hidupmu.. jalani saja hidup mu layakny org biasa ttp yg membuatny tdk biasa adlh kamu menjlaniny dgn cara yg tak biasa. Krn cara yg kamu ikuti adlh carany Tuhan bkn cara manusia.. cthny ketika tmnmu membuat kamu sakit hati.. dunia mengjarkan blslah dia tp Tuhan mengjarkan ampuni dia.. tahu drmn, dr Alkitab.. krn itu pe tingny membaca Firman Tuhan bkn itu saja yg ke
    3. Kita perlu praise n Worship n jg grateful(mengucap syukur).. kamu oerlu bernyanyi lgu rohani krn Tuhan senang di puji, kamu butuh ucpan trimakasih kpd Dia spy Dia merasa d hargai.. n itu pun slh satu bentuk penghargaan kamu trhdp Tuhanmu.. maka dlm Doa kita jgn slalu meminta tp kadang kita hrs tnya kbrny Tuhan walau g akn ad yg jwb kyk tlpon org lgsg ke denger suarany, kamu cerita masalah kamu alias curhat ama dia.. ngemil Firman Tuhan d kls.. d rmh n dmnpun selagi ad wkt kosong ato g ad kerjaan bc Firman Tuhan walau cmn 1 ayat.. namanya jg ngemil g akn sama dgn makan secara primer ato kebutuhan pokok.. nah makan primerny bs kamu taruh d pagi hri dan d akhir hari alias malam..


    Semoga menjwb permasalahanny ya.. God bless.. sbnrny hikmat utk menulis ini adlh dorongan Roh Kudus.. moga membantu.. sya hny manusia biasa tp Tuhan sya Luar biasa yg sdg memakai sya menulis ini.. AMIN

    BalasHapus