Sabtu, 10 November 2012

MAKANAN TERMAHAL SEPANJANG SEJARAH



Menurut sebuah artikel di vivanews, daftar 5 makanan dengan harga tertinggi di dunia adalah sbb :
(a) Steak wagyu di Tokyo, Jepang
Aragawa adalah toko steak pertama di Tokyo, Jepang. Spesialisasi menunya adalah daging sapi Kobe lokal berkualitas tinggi dan daging Wagyu yang terkenal dengan rasa lezatnya dan teksturnya yang lembut.
Daging hanya disajikan dengan saus mustard dan merica. Harganya US$ 368 atau sekitar Rp 3,3 juta untuk satu porsi steak. Kualitas dagingnya yang tinggi membuat rasanya sangat lezat meskipun diolah dengan bumbu yang minimalis.

(b) Ayam kukus tanpa kulit di Paris, Prancis
Alain Ducasse au Plaza Athénée, di Paris adalah restoran yang menyajikan menu otentik Prancis. Ruang makan ditata dengan sangat mewah. Layanan yang diberikan sangat spesial dan berkelas.
Untuk menu ayam kukus tanpa kulit di restoran mewah tersebut dihargai US$ 260 atau sekitar Rp 2,3 juta.

(c) Ikan bass yang disajikan dengan kaviar di Brussels, Belgia
Alsace Pinot Blanc merupakan taman berlokasi privat yang terletak di Bruneau, Brussels, Belgia. Tempat makan berkelas ini menyediakan menu yang sangat menggoda yaitu, "Fillet of Bass with Imperial Osetra Caviar".
Ikan Bass yang telah di fillet disajikan dengan kaviar yang berasal dari ikan albino langka yang hidup di laut Kaspia. Harganya US$ 200 atau sekitar Rp 1,8 juta.

(d) Domba panggang di Dubai, Uni Emirat Arab
Gordon Ramsay’s Verre memiliki koki selebriti yang menyajikan masakan Eropa modern yang khas dan berbeda. Tempat ini mendapat pengakuan internasional dan sering mendapat pujian dari para kritikus kuliner.
Salah satu menu andalannya adalah "Roast Lamb with Aubergine Gratin". Yaitu, domba panggang yang disajikan dengan terong, ditaburi parutan keju dan tomat. Harganya US$ 70 atau setara dengan Rp 630.000.

(e) Es krim di New York, Amerika Serikat
Menu es krim "Golden Opulence Sundae" di New York City’s Serendipity, dihargai US$ 1000 atau setara dengan Rp 9 juta. Bisa dikatakan menu tersebut adalah es krim sundae termahal di dunia. Isinya sundae tersebut yaitu es krim vanili, yang bahan dasarnya berkualitas tinggi berasal dari Tahiti dan Madagaskar.

Namun menurut alkitab, semua makanan di atas bukanlah makanan termahal, kalau dibandingkan dengan “buah pengetahuan yang baik dan yang jahat”, yang dimakan Hawa dan Adam! Mengapa buah itu menjadi buah termahal di dunia ?

AKIBAT MAKAN “BUAH TERLARANG”
Buah dari Pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat terlarang untuk dimakan Adam dan Hawa, tapi larangan Tuhan itu dilanggar, akibatnya :
1.Dosa hadir di dunia
Tadinya dosa belum hadir di dunia ini, tapi dengan pelanggaran Adam dan hawa, dosa menjadi realita hidup manusia. Esensi dosa sebenarnya ada 3 :
(a) Dosa adalah MERAGUKAN/MENYANGSIKAN kebaikan, kejujuran dan kesetiaan Allah.
(b) Dosa adalah PEMBERONTAKAN (ketidaktaatan kepada  otoritas Allah secara sengaja).
(c) Dosa adalah KESOMBONGAN ( merasa diri hebat dan lebih tahu dari Allah).

2.Manusia mulai mengenal kematian
Akibat langsung dari ketidaktaatan Adam ialah kematian! Kematian yang bagaimana? Kematian yang dimaksud adalah kematian rohani. Kematian rohani adalah perpisahan Roh Tuhan dari roh manusia. Namun Adam akhirnya juga mengalami kematian jasmani, padahal sebelum dosa ada Adam tidak mengenal ke dua hal diatas.

3. Rasa Malu dan Bersalah
Setelah jatuh dalam dosa, Tuhan datang dan mencari Adam dan Hawa, namun mereka tidak ingin bertemu dengan Tuhan. Mereka diliputi rasa bersalah, malu dan takut. Mereka menyembunyikan diri di celah- celah pepohonan di taman itu. Namun tak ada seorangpun yang dapat menyembunyikan diri dari Tuhan. Tuhan yang kudus dan benar tidak dapat membiarkan dosa mereka. Ia tidak dapat berpura-pura seolah- olah tidak ada sesuatu yang terjadi. Tuhan memanggil Adam dan Hawa datang kepada-Nya. Kejadian 3:8-9

4. Hawa Harus Melahirkan Keturunan Dengan Kesakitan
Kej. 3:16 mengatakan: “Firman Tuhan kepada perempuan itu: “Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak, dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu….”

5. Mencari Nafkah Dengan Susah Payah
Sebagai akibat bumi dikutuk Tuhan, maka Adam harus mencari nafkah dengan susah payah. Kej. 3:17-19 mengatakan:“…maka terkutuklah tanah karena engkau, dengan bersusah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu ….”


6. Diusir dari Taman Eden
Selain berbagai hukuman tersebut di atas, mereka juga diusir oleh Tuhan dari taman Eden. Kej. 3:23 mengatakan: “Lalu Tuhan Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.”

TINDAKAN ALLAH UNTUK MENOLONG MANUSIA
Allah bertindak menyelamatkan manusia dengan melalui penebusan yang dilakukan oleh Kristus. Sebuah ensiklopedia mendefinisikan penebusan sebagai : Pemulihan manusia dari perbudakan dosa menjadi  anak-anak Allah yang bebas  melalui karya dan kebaikan Kristus di kayu salib. Jadi dalam penebusan itu ada 3 unsur penting :

1. Unsur pembebasan
Kita dibebaskan dari budak dosa menjadi anak-anak Allah yang kudus

2. Unsur pembaharuan
Hidup kita diperbaharui oleh darah Yesus, dari manusia lama yang akan binasa menjadi manusia baru yang mewarisi Kerajaan Sorga

3.Unsur penggantian/pembayaran
Harga pembebasan kita itu telah diganti/dibayar oleh darah Yesus yang tercurah di Golgota.

AKIBAT DARI PENEBUSAN KRISTUS
1.Membenarkan diri kita
Penebusan Kristus adalah dasar dari pembenaran diri kita. Hal itu dilakukannya dengan cara :

(a)     Dengan ketaatanNya  yang sempurna pada hukum Allah (Roma 5:19)
Yesus adalah pribadi yang taat total kepada kehendak Bapa. Saking taatnya Ia bersedia mati di kayu salib atas kehendak Bapa.  KetaatanNya yang sempurna kepada Hukum atau kehendak Bapa inilah yang memungkinkan kita diselamatkan.

(b)   Dengan kematian-Nya untuk menggantikan kita (1 Petrus 3:18)
Kematian Yesus di salib adalah untuk menggantikan diri kita.Seharusnya kita yang disalib karena dosa-dosa kita, tapiYesus bersedia menggantikan diri kita.
Karena kesediaanya menggantikan kita itulah Ia diberi gelar juru selamat, yang berarti ahli menyelamatkan!

(c)     Dengan pembelaanNya di hadapan Allah  (Roma 8:34)
Dalam pengadilan akhir zaman nanti, iblis akan mendakwa kita, tapi Yesus akan membela kita sehingga Allah Bapa sebagai hakim yang agung pasti akan membebaskan kita dari semua dakwaan iblis!

2.Menguduskan kita
Yesus menguduskan kita melalui beberapa cara :
(a)     Dengan memberi contoh bagaimana hidup dalam kekudusan – 2 Kor.5:21
Hidup Kristus adalah hidup tanpa dosa. Ia menjadi “berdosa” ketka dikayu salib Ia menggung dosa seluruh isi dunia. Pada saat Ia “menanggung dosa” seluruh dunia itulah Bapa meninggalkan Dia, sehingga Yesus berseru : Bapaku, Bapaku mengapa Engkau meningalkan Aku?”

(b)   Dengan menjadikan kita ciptaan baru – 2 Kor.5:17
Kita dikuduskan Kristus dengan cara menjadikan kita manusia baru. Manusia lama yang berdosa telah kita tangalkan dan sekrang  kita mengenkan manusia baru.
Meminjam ungkapan Bapa gereja Agustinus, dulu sebelum ditebus Kristus keadaan kita adalah “non posse non peccare” – tidak mungkin untuk tidak berbuat dosa - (baca seperti bahasa Indonesia), sekarang keadaan kita adalah “posse non pecare” (mungkin untuk tidak berbuat dosa)

(c)     Dengan memberikan Roh Kudus diam di dalam diri kita – Yoh.16:13
Roh Kudus adalah Roh kekudusan sehingga ketika Ia berdiam dalam diri kita Ia akan mendorong kita untuk hidup dalam kekudusan!

3.Menebus diri kita
Kristus menebus kita dalam beberapa hal :
(a)     Penebusan Tubuh
Ini terjadi dengan membangkitkan tubuh jasmani kita dari kematian – Rm.8:23

(b)   Penebusan Roh – Rom.8:10
Ini terjadi ketika kita tinggal dalam Yesus. Tubuh kita memang mati, tapi roh kita tetap hidup bersama Dia.

(c)     Penebusan jiwa – Yak.1:21
Hal ini terjadi kalau Firman Kristus tertanam dalam hidup kita, artinya Firman itu kita lakukan dari hari-ke hari.

Ternyata dosa adalah sesuatu yang sangat mahal. Adam dan Hawa harus kehilangan banyak hak istimewanya di Taman Eden hanya gara-gara mereka memakan buah terlarang. Untung Tuhan penuh kasih setia, ia lalu mengirim Yesus ke dunia untuk menyelesaikan apa yang telah dirusak oleh Adam!

0 komentar:

Posting Komentar