Minggu, 08 April 2012

7 PERKATAAN PERTAMA YESUS SETELAH BANGKIT


Kalau kita cermati, ada banyak kotbah yang membahas tentang 7 perkataan terakhir Tuhan Yesus ketika di atas salib ( 7 Perkataan salib). Tapi tidak ada satu pun yang membahas tentang 7 perkataaan pertama yang diucapkan oleh Tuhan Yesus setelah Ia bangkit. Kalau ke 7 perkataan salib merupakan pesan Tuhan kepada seluruh umat manusia, maka 7 perkataaan Yesus setelah bangkit memberi pesan khusus untuk gerejanya (umatnya)! Apa saja ke 7 perkataan pertama yang diucapkan Yesus setelah Ia bangkit dari kubur ?

1.”Ibu, mengapa engkau menangis?” – Yoh.20:15Kata pertama yang diucapkan Kristus setelah bangkit adalah kepada seorang wanita (terjemahan ini lebih tepat, sebab dalam bahasa inggris Yesus memanggil si wanita  : woman) di sebuah taman dekat kubur Yesus.Wanita itu menangis. Tangisan adalah realita hidup manusia selama berabad-abad. Selalu ada keadaan dimana kita bisa meneteskan airmata.Nah, Yesus yang bangkit menyapa si wanita mengapa ia menangis? Yesus yang bangkit memang tidak menghapuskan air mata, tapi ia menjadi jawaban atas air mata yang menetes.
(a) Tuhan tidak berjanji bahwa tidak akan ada lagi hujan, tapi Tuhan berjanji akan ada pelangi setelah hujan.
 

(b) Tuhan tidak berjanji bahwa tidak akan ada lagi airmata, tapi Ia berjanji bahwa air mata akan berganti dengan mata air (sukacita)
 

(c) Tuhan tidak berjanji langit akan selalu cerah, tapi ia berjanji bahwa ditengah mendung gelap, ia tetap ada untuk anak-anakNya.

Yesus tidak menghapus airmata, tapi ia mengerti bahasa air mata, dan Ia bangkit sebagai jawaban atas air mata yang menetes (semua persoalan hidup)!

2.”Maria “ – Yoh.20:16
Yesus mengenali wanita yang menangis itu sebagai Maria, salah seorang pengikutnya. Ini menunjukkan bahwa Yesus mengenal murid-muridnya secara pribadi demi pribadi! Ia hafal nama murid-muridnya satu persatu! Lalu, apa makna semua itu bagi kita dewasa ini  ? Itu berarti :
(a) Ia tahu masalah anda pribadi lepas pribadi
Ia tahu kesulitan anda, ia tahu hutang anda, ia tahu kesusahan anda, Ia tahu sakit penyakit Anda !

(b) Ia menghargai anda pribadi demi pribadi.
Para psikolog mengatakan bahwa manusia merasa sangat dihargai kalau namanya diingat! Kalau Anda tidak percaya, coba cek perasaan anda saat orang lupa nama anda! Apakah Anda merasa kecewa atau tidak, ketika hal itu terjadi !

(c) Ia perduli pada anda pribadi lepas pribadi.
Biasanya kita hanya ingat nama mereka-mereka yang kita perdulikan.Kartu nama (juga no telp) yang kita simpan adalah kartu nama dari orang-orang yang kita perdulikan. Kalau kita tidak perduli biasanya kita buang saja! Namun Yesus tidak demikian. Ia perduli kepada murid-muridnya pribadi lepas pribadi.

3. ”Pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka...” – ayat 17
Maria disuruh pergi kepada saudara-saudara Yesus (murid-muridnya) untuk mengabarkan kabar tentang kebangkitan Yesus! Pertanyaannya , mengapa kabar tentang kebangkitan Yesus itu harus disebarkan
(a) Karena kabar itu memberi sukacita
Murid-murid sangat terpukul ketika mengetahui Yesus telah mati.Maka hanya kebangkitanNya lah yang bisa membuat mereka bersuka cita kembali.
Ini berarti Paskah adalah kabar sukacita, kabar kegembiraan bahwa Juruselamat kita telah menang atas maut!

(b) Karena kabar itu memberi kekuatan dan keberanian
Murid-murid menjadi lemah dan sangat ketakutan setelah tahu Yesus mati. Mereka sampai beesembunyi di loteng atas.
Oleh sebab itu kabar kebangkitan Yesus membuat mereka kembali menemukan keberanian dan kekuatan untuk terus menjalani kehidupan, sebab Yesus beserta dengan mereka!

(c) Karena kabar itu memberi pengharapan
Kematian Yesus membuat para murid tercerai berai karena kehilangan pengharapan akan masa depan (ada yang pulang kampung ke emaus – Luk.24:13dst )
Oleh sebab itu kebangkitan Yesus menyatukan kembali para murid di Yerusalem dan memberi mereka pengharapan akan masa depan yang gemilang!

4. ”Damai sejahtera bagi kamu!” – ayat 19 & 21
Kristus yang bangkit adalah Kristus yang membawa damai sejahtera bagi umatNya! Kenapa kita harus merasakan damai sejahtera setelah kebangkitan Kristus ?
(a) Karena dosa telah diampuni
Ingat, dosa membuat hati kita gelisah dan resah

(b) Karena kematian telah dikalahkan
Ingat, kematian selalu menakutkan dan mengancam hidup

(c) Karena Setan telah dikalahkan
Kuasa iblis telah dipatahkan sejak pengorbanan Yesus di kayu salib!

(d) Karena sakit-penyakit telah disembuhkan
Lewat bilur-bilur Yesus dan kebangkitan Yesus penyakit kita telah ditanggungnya!

5. ”Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”- ayat 21b
I
ni adalah perkataan pengutusan! Panggilan untuk melayani orang lain! Setelah bangkit, Yesus akan kembali ke sorga, kini giliran kita melanjutkan karyaNya di dunia ini. Apa saja pangilan kita sebagai gereja (orang percaya) ? Secara oikumenis gereja-gereja merumuskan 3 hal ini :
(a) Marturia
Ini adalah panggilan untuk pemberitaan Firman Tuhan. Gereja dan orang percaya harus memberitakan Firman Tuhan dengan berani kepada dunia.

(b) Koinonia
Ini adalah panggilan untuk bersekutu. Orang percaya harus tekun melakukan persekutuan dengan orang percaya lain.
Hanya dengan persekutuan iman kita akan terbangun dan terjaga!

(c) Diakonia
Ini adalah panggilan untuk pelayanan sosial, pelayan kepada mereka yang miskin dan kurang beruntung!

6. "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." – ayat 27
Ini adalah perkataan untuk keraguan Thomas, dan keraguan umat manusia juga tentang kebangkitan Yesus. Sepanjang sejarah, telah banyak dikemukakan teori yang meragukan kebangkitan Yesus, seperti :
(a) Yesus hanya mati suri. Setelah bangun lagi, ia menetap di Perancis (daerah Gallia) dan kawin dengan Maria Magdalena
Pandangan ini dirujuk oleh Dan Brown dalam novelnya yang menghebohkan ”The Da vinci Code”
Pendapat ini jelas mengada-ada. Yesus dipastikan mati beneran. Alkitab menceritakan sebelum diturunkan dari salib lambungnya ditusuk dengan tombak hingga cairan yang ada ditubuhnya habis – Yoh.19:33-34

(b) Mayat Yesus dicuri oleh murid-muridnya
Ini tidak mungkin, sebab kuburan Yesus dijaga pasukan khusus Romawi (Mat.27:64-66)
Tidak mungkin murid-murid Yesus yang awam (baca : sipil)  mengalahkan sepasukan prajurit khusus Romawi yang terlatih.

(c) Murid Yesus menceritakan kabar bohong tentang kebangkitan Yesus
Ini juga mustahil, sebab banyak yang ditemui Yesus setelah Ia bangkit (1 Kor.15:5-8)
Dalam persidangan, kesaksian 2 orang atau lebih dianggap sah dan kuat. Padahal orang yang ditemui Yesus (saksi kebangkitan Yesus) jumlahnya ratusan!

(d) Bukan Yesus yang disalib tetapi Yudas
Pandangan ini bukan berasal dari injil kanonik (Matius,Mark, Luk, Yoh) tetapi dari injil Barnabas ( injil non kanonik/ tidak masuk dalam kanon alkitab) yang sebenarnya ditulis oleh Fra Marino atau nama islamnya Mustapha de Aranda, seorang bekas pastor yang pindah menjadi Islam pada abad ke 7. Injil Barnabas inilah yang kemudian menjadi rujukan Al Quran bahwa yang disalibkan itu bukan Yesus tetapi seseorang yang wajahnya diserupakan dengan Yesus (Yudas).
Pandangan ini perlu kita waspadai. Sebab kalau Yesus tidak pernah disalib dan mati. Itu artinya ia juga tidak pernah bangkit!

7. ” Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” – ayat 29b
Ini adalah ucapan untuk kita sekarang ini! Untuk memperoleh keselamatan kita harus memiliki iman.
(a) Kita diselamatkan oleh karena iman, bukan perbuatan- Ef.2:8-9
(b) Kita sebagai orang benar harus hidup oleh iman -Rm.1:16-17

Sebagai penutup kita bisa mengatakan : setelah bangkit, Yesus langsung berbicara. Dan ucapan Yesus adalah ucapan yang menguatkan, memberi harapan serta memberi penugasan untuk kita semua!

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Luk.24:13dst )
    Oleh sebab itu kebangkitan Yesus menyatukan kembali para murid di Yerusalem dan memberi mereka pengharapan akan masa depan yang gemilang!

    BalasHapus