Rabu, 27 Maret 2013

3 SALIB DI GOLGOTA



Sebagaimana kita ketahui bersama Yesus disalib di Golgota tidak sendirian, tapi bersama 2 orang penjahat. Nah, ke 3 salib yang ada di Golgota itu melambangkan 3 hal yang berbeda. Kali ini kita akan mendalami makna ke 3 salib itu!

3 SALIB DI GOLGOTA
1.Salib penolakan (The cross of rejection) – Luk.23:39
Dalam alkitab dikisahkan bahwa penjahat yang satu menolak percaya kepada Yesus.Ia malah mengolok-olok Yesus :”kalau engkau juruselamat, selamatkanlah dirimu sendiri.”Ini berarti dia :
(a)     Tidak  mengakui bahwa ia berdosa
Banyak orang seperti penjahat ini, sekalipun banyak dosa tapi tidak mau mengakui dosanya.
Malahan mereka sering mengolok-olok orang lain yang mencoba menyadarkan diri mereka.
Orang yang demikian adalah orang yang bebal! Mereka akan berakhir di neraka!

(b)   Tidak percaya kepada Yesus
Si penjahat ini jelas tidak mau percaya kepada Yesus. Ia tipe orang yang skeptic (acuh tak acuh). Prinsipnya:”mau selamat ya syukur,nggak ya nggak apa-apa. Emang gue pikirin.”
Akibatnya, ia kehilangan kesempatan emas untuk menerima keselamatan dari Yesus.
Padahal kalau ia mau menggunakan kesempatan saat dekat dengan Yesus, ia akan  :
§  Menerima Pengampunan dosa – Mat.26:28
§  Menerima damai sejahtera – Yoh.14:27
§  Mengalami hidup baru – 2 Kor.5:17

(c)    Tidak memiliki kerendahan hati
Sebenarnya, kalau ia mau rendah hati dan mengakui kesalahannya di hadapan Yesus, hidupnya akan berubah. Sekalipun tubuhnya mati di salib, tapi jiwanya akan selamat.
Orang yang tidak memiliki kerendahan hati tidak akan pernah melihat hal-hal baik dalam hidupnya!

2.Salib penerimaan (The cross of reception) – Luk.23:40-41
Sementara itu penjahat yang satunya dengan hati terbuka bersedia menerima Yesus. Apa artinya semua itu :
(a)     Itu artinya ia punya rasa takut kepada Allah
Sekalipun jahat, si Penjahat ini ternyata masih punya rasa takut kepada Allah. Buktinya: ia tidak ikut mengolok-olok Yesus tapi malah minta dikasihani!

(b)   Itu artinya ia menyadari bahwa tidak ada yang bisa menolongnya kecuali Yesus
Penjahat ini sadar bahwa di dunia ini tidak ada lagi orang yang bisa dimintai tolong kecuali Yesus! Sayangnya banyak orang kristen saat ini justru lebih bergantung pada pertolongan bossnya, orang berpangkat atau orang kaya, ketimbang kepada Yesus!

(c)     Itu artinya ia menyadari dosanya
Ini yang hebat dari diri si penjahat ini. Ia menyadari dosanya, meskipun sudah dalam keadaan kritis! Tapi sekarang ini masih banyak orang yang sudah kritis di ruang ICU menunggu mati, disuruh terima Yesus masih tidak mau!

(d)   Itu artinya ia melihat kepada kekekalan
Masa depan si penjahat di dunia ini sudah habis. Salib akan membinasakannya.
Tapi ia kemudian mengalihkan focus hidupnya kepada kekekalan. Itu dilakukannya dengan    mempercayakan dirinya kepada Yesus. Barangsiapa ingin melihat kekekalan, ia harus berpaling kepada Yesus!

3.Salib penebusan (The cross of redemption) - Gal. 3:13
Ini adalah salib yang ditanggung Yesus. Ia disalib untuk menebus dosa seluruh isi dunia. Kata tebus berarti “dibeli.” Istilah ini khususnya digunakan dalam hubungannya dengan membebaskan seorang budak.
Ada beberapa manfaat dari penebusan Yesus ini bagi kita :
(a)    Mendapatkan hidup kekal (Wahyu 5:9-10)
Penebusan Kristus membuat kita mendapatkan hidup kekal. Yaitu hidup dalam persekutuan dengan Alah sampai selama-lamanya!

(b)   Mendapatkan pengampunan dosa (Efesus 1:7)
Penebusan Kristus mengakibatkan dosa kita diampuni oleh Allah. Cawan murka Allah atas hidup kita sudah diminum oleh Yesus di katu salib.

(c)    Mengalami pembenaran (Roma 5:17)
Ditebus berarti juga dibenarkan. Kita yang harusnya berslah dan dihukum, tapi Kristus menggantikan kita menjadi terhukum!

(d)   Lepas dari kutukan Taurat (Galatia 3:13)
Ketika kita ditebus oleh Kristus maka otomatis semua kutuk hukum taurat seperti kutuk resesi, kutuk miskin, kutuk sakit-penyakit dsb, sudah dilepaskan dari diri kita!

(e)    Diangkat menjadi anggota keluarga Allah (Galatia 4:5)
Penebusan Kristus juga memungkina kita menjadi anggota keluarga allah. Kita yang dahulu orang luar, sekarang karena penebusan Kristus menjadi orang dalam!

(f)    Damai dengan Allah (Kolose 1:18-20)
Dosa membuat kita menjadi seteru Allah, tapi penebusan Kristus telah mendamaikan kita dengan Allah! Salib Kristus adalah jembatan yang menghubungkan diri kita dengan Allah!
Salib Kristus adalah satu-satunya jalan bagi kita untuk sampai ke sorga. Oleh sebab itu lewatilah jalan salib itu, maka engkau akan selamat!

0 komentar:

Posting Komentar